Lewat #LocalsUnite, Teh Botol Sosro Berdayakan Produk UMKM Indonesia

Pandemi COVID-19 tak hanya mengancam sektor kesehatan saja, tapi juga menghantam ekonomi dan membuat sejumlah bisnis terdampak, termasuk UMKM. Menjawab tantangan itu, Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro Sabrina Kharisanti menuturkan, pihaknya telah meluncurkan #LocalsUnite pada 12 Agustus lalu untuk mendukung UMKM asli Indonesia.

“Berawal dari filosofi perusahaan kami, PT Sinar Sosro, yaitu niat baik, hasil baik, yang kami lihat bahwa selama perjalanan perusahaan, selama 50 tahun lebih ini Teh Botol Sosro menerima banyak sekali niat baik dari berbagai pihak sejak awal mula usaha sampai sekarang hingga menjadi minuman Iconic Indonesia,” ujar Sabrina di Festival UMKM kumparan, Rabu (28/10).”Maka di saat seperti sekarang ini, di mana kita semua tahu situasinya cukup menantang, kami merasa bahwa ini waktunya Teh Botol Sosro untuk melanjutkan niat baik itu kembali kepada masyarakat Indonesia,” sambungnya.Sabrina yang menyebut, gerakan ini sebagai win win collaboration antara Teh Botol Sosro dengan UMKM. Tidak hanya meningkatkan nilai jual produk UMKM tersebut, Sabrina juga memastikan 100 persen hasil penjualan produk kolaborasi akan diberikan ke UMKM.”Pertama teman-teman bisa menggunakan aset brand Teh Botol Sosro yaitu penempatan logo atau merk pada kemasan, kemudian pada detail materi komunikasi teman-teman semua selama masa kerja sama ya. Jadi bisa menggunakan aset atau logo Teh Botol Sosro selama masa kerja sama itu tanpa harus membayar royalti, free,” ucap Sabrina.

“Kedua adalah kami akan memberikan pendampingan mulai dari pembuatan produknya, kemudian bagaimana mendesain kemasannya, bagaimana membuat desain komunikasi dan marketingnya. Ini kita akan lakukan bersama-sama dan akan kami bantu dalam bentuk mentoring,” lanjutnya.Hingga saat ini sudah ada beberapa kolaborator yang tergabung dalam gerakan #LocalsUnite, yaitu SAGE Footwear, Kokumi, Brodo x Mr. S, Bake.ground, Tata Cakery, dan Kopi Janji Jiwa. Alih-alih menciptakan merek baru, Sabrina yakin, kolaborasi ini tetap bisa menjaga kemurnian produk dari dua brand berbeda.”Keaslian ini yang ingin kami angkat dan juga jadi teman-teman yang bergabung itu juga harus punya keaslian identitas juga, jadi keaslian kreativitasnya juga, dan asli Indonesia itu yang paling penting harus asli Indonesia,” kata Sabrina.Sehingga ia berharap melalui gerakan yang diinisiasi oleh Teh Botol ini dapat menjadi wadah promosi baru bagi para UMKM. Sehingga meski dalam kondisi pandemi, UMKM tetap dapat bertahan dan membantu menopang perekonomian negara.”Kami berharap teman-teman bisa saling bertemu di dalam wadah itu. Sehingga membentuk suatu ekosistem lagi yang akan membantu teman-teman semua bisa sama-sama saling mengisi dan menciptakan lagi karya-karya yang baru yang lebih hebat,” tutupnya.

Reference : https://kumparan.com/kumparannews/lewat-localsunite-teh-botol-sosro-berdayakan-produk-umkm-indonesia-1uTkM8hRPGy/full

Share this post
Sosro Locals Unite